Beranda Uncategorized Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bekasi Menyatakan “Pembagian Sembako Bukanlah Kampanye”

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bekasi Menyatakan “Pembagian Sembako Bukanlah Kampanye”

15
0
BERBAGI

ZONABEKASI -KOTA, Hari ini ketua Dewan perwakilan cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Bekasi Rony Hermawan mendatangi kantor badan pengawas pemilu (Bawaslu) guna memenuhi pemanggilan Bawaslu terkait dugaan kampanye terselubung pada acara pembagian sembako di Bekasi Utara.

Usai meminta keterangan dengan mengajukan 15 pertanyaan, kordinator divisi pengawasan Bawaslu Ali Mahyail menyatakan pihaknya sudah mendapatkan keterangan dari yang bersangkutan. Selanjutnya akan dilakukan pendalaman dengan pemanggilan para saksi dan pihak yang terkait dalam acara pembagian sembako tersebut.

“Kita akan panggil pihak Vihara, kemudian tim yang membagikan, Panwascam dan PPL nantinya kita juga akan mintai keterangan sebagai bahan kajian kita yang nantinya akan dirumuskan apakah ini termasuk dalam pelanggaran pidana ataupun administratif,” ujarnya kepada zonabekasi.com Rabu, 12/9/2018.

Berdasarkan peraturan, Bawaslu diberikan waktu selama 7 hari plus 7 untuk melakukan pendalaman sejak diregistrasi dan Bawaslu mengaku telah mengantongi dua alat bukti berupa keterangan saksi dan barang bukti foto.

Ditempat yang berbeda usai memberikan keterangan dikantor Bawaslu, ketua DPC Partai Demokrat Kota Bekasi Rony Hermawan kepada zonabekasi.com memaparkan terkait pemeriksaan dirinya dikantor Bawaslu dan seputar kegiatan pembagian sembako.

“Saya terima undangan klarivikasi dari Bawaslu Kota Bekasi dua hari yang lalu, intinya ada dugaan kampanye diluar jadwal, terus tadi saya datang jam 9 sesuai undangan, ” ujarnya saat ditemui zonabekasi.com

Kemudian ia menegaskan bahwa kegiatan membagikan sembako tersebut bukan kampanye sebab, kegiatan itu merupakan rutinitas tahunan dari yayasan keagamaan yang dipimpinya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. Sedangkan devinisi kampanye, menurut Rony sesuai UU no 7 tahun 2017 adalah pemaparan visi misi, program kerja dan ajakan untuk memilih.

“Kegiatan bagi-bagi sembako memang benar saya akui ada, tetapi itu bukan kegiatan kampanye. Itu adalah kegiatan bulan bakti Ulambana. Kebetulan saya sebagai ketua yayasan pancaran tri dharma, dan pemberian bantuan sembako kemasyarakat kurang mampu tersebut sudah kami lakukan disetiap tahunya,” jelas Rony Hermawan.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa pemberian sembako itu bukan hanya dibagikan di Bekasi Utara saja, tetapi di Tambun, di Jatiasih, di delapan Vihara dan dalam rangka untuk membangun hubungan baik dengan masyarakat.

“Kalau saya punya niat jahat tentu tidak dibulan ini, pasti saya bikin menjelang pencoblosan. Kedua enggak ada korelasinya, karena ini acara rutin setiap tahun,” ujarnya

Kemudian sambungnya, “Tanyakan kemasyarakat, apakah disaat pemberian beras itu saya hadir, terus ada mengajak memilih, ada promosi program partai, tanyakan kemasyarakat. Enggak mungkin saya mengkondisikan ribuan orang untuk berbohong,”pungkas Rony. (Ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here